Novel Klasik, Karya Sastra yang Selalu Banyak Dibaca

Diposkan: 15 Nov 2022 14:23:53 PM Dibaca: 78 kali


Penulis: Rifka Yasmine

Novel klasik tidak hanya disukai oleh masyarakat umum, tetapi juga menjadi bacaan wajib dalam kurikulum pendidikan di negara-negara seperti Amerika Serikat. Contoh novel klasik yang wajib dibaca murid-murid di Amerika Serikat adalah The Catcher in the Rye karya J.D. Salinger yang bercerita tentang perjalanan Holden Caulfield mencari arti kehidupan di New York City. Selain menjadi bahan pembelajaran bahasa dan sastra, novel klasik juga membuka diskusi tentang isu-isu sosial seperti rasisme, peperangan, dan kesenjangan ekonomi. Dengan membaca novel klasik, kita bisa belajar tentang nilai-nilai sosial, politik, dan budaya dalam suatu masyarakat pada masa tertentu.

Selain itu, novel klasik banyak dibaca karena memberikan kepuasan dan kebanggaan tersendiri bagi pembacanya. Dengan gaya bahasa yang rumit dan cerita yang kompleks, sebagian novel klasik populer kerap dianggap sebagai bacaan yang prestigius dan intelektual. Walau begitu, banyak juga pembaca buku yang memilih novel klasik untuk mencari hiburan atau sekadar menikmati suasana cerita di dalamnya. Novel klasik tidak hanya menceritakan kisah-kisah faktual dan realistis yang menggambarkan kondisi kehidupan suatu bangsa atau negara, tetapi juga kisah-kisah yang menantang imajinasi yang tak kalah menghibur dan seru untuk dibaca.

Menantang Imajinasi dengan 3 Rekomendasi Novel Klasik

1.       Petualangan Alice di Negeri Ajaib – Lewis Carroll

Petualangan Alice di Negeri Ajaib adalah salah satu novel klasik populer yang sudah sangat mendunia. Kisah Alice yang jatuh ke lubang menuju dunia lain saat mengejar seekor kelinci putih telah dicetak hingga 100 juta eksemplar sejak pertama kali diterbitkan pada 1865. Novel ini juga telah diadaptasi menjadi film dan gim dengan berbagai versi. Kisah Alice juga menginspirasi berbagai buku retelling yang membuat karya Lewis Carroll ini selalu diingat dan disukai oleh banyak orang. Dunia ajaib tempat Alice berpetualang akan sangat menantang imajinasimu untuk membayangkan hal-hal unik yang ada di dalamnya.

2.       Manusia Tak Kasatmata – H.G. Wells

H.G. Wells adalah penulis asal Inggris yang dikenal dengan karya-karya fiksi ilmiahnya. Salah satu karyanya yang sangat terkenal adalah Manusia Tak Kasatmata. Novel ini adalah rekomendasi novel klasik yang akan membawamu ke sebuah desa bernama Iping di mana kamu akan mengikuti kisah seorang ilmuwan misterius yang selalu melakukan eksperimen di kamar penginapannya hingga dicurigai oleh warga sekitar. Ia kemudian tepergok tidak memiliki wujud dan berkelana melakukan perbuatan-perbuatan yang meresahkan dengan tubuh tak kasatmatanya. Bisakah kamu membayangkan seorang manusia tanpa wujud? Tantanglah imajinasimu dengan membaca novel ini.

3. Tuan Besar Gatsby – F. Scott Fitzgerald

Tuan Besar Gatsby adalah salah satu contoh novel klasik dari era kejayaan karya sastra Amerika pada abad 20. Novel ini bercerita tentang seorang jutawan bernama Jay Gatsby dari sudut pandang tetangganya, Nick Carraway, yang bersepupu dengan wanita yang dicintainya, Daisy Buchanan. Salah satu daya tarik yang sangat fenomenal dari novel ini adalah cara unik Jay Gatsby dalam berusaha menarik perhatian Daisy, yaitu dengan mengadakan pesta meriah yang dihadiri berbagai tamu setiap malam. Novel ini akan menantang imajinasimu dengan narasi Nick yang sangat detail dalam mendeskripsikan kehidupan dan obsesi Jay Gatsby yang seakan-akan hanya berpusat pada Daisy Buchanan.

Jika Anda mencari novel klasih populer seperti Petualangan Alice di Negeri Ajaib karya Lewis Carrol, maka Anda bisa mendapatkannya di Anak Hebat Indonesia. Caranya sangat mudah, cukup lakukan pemesanan buku keren ini di sini.

 


0 Komentar

Tinggalkan Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:

Find Us