SEJARAH KELAM KERAJAAN-KERAJAAN DI INGGRIS SEJARAH LENGKAP PERANG DUNIA 1: 1914-1918

SEJARAH LENGKAP DUNIA ABAD PERTENGAHAN 500-1400 M: Dari Pemberontakan Odoacer Hingga Runtuhnya Sintesis Thomisme

By Alfi Arifian


Detail
Kategori : Ilmu Sosial & Sejarah
SKU : A00928
Isbn 978-623-244-133-0
Stock: 5
Penerbit: Anak Hebat Indonesia
Penulis Alfi Arifian
Penyunting : Amira
Ketebalan : 452
Dimensi : 14x20
Bahasa : Indonesia
Berat : 0 gram
SEJARAH LENGKAP DUNIA ABAD PERTENGAHAN 500-1400 M: Dari Pemberontakan Odoacer Hingga Runtuhnya Sintesis Thomisme
 
SINOPSIS :
Tidak seperti versi buku abad pertengahan lain, buku ini membagi periode Abad Pertengahan antara 500-1400 M. Abad Pertengahan Awal (500-1050 M), Abad Pertengahan  Tidak seperti versi buku abad pertengahan lain, buku ini membagi periode Abad Pertengahan antara 500-1400 M. Abad Pertengahan Awal (500-1050 M), Abad Pertengahan Tinggi (1050-1300 M), dan Abad Pertengahan Akhir (1300-1400 M). Kebanyakan sejarawan menghitung periode akhir Abad Pertengahan sekitar abad ke-16, yang merupakan gerbang Abad Pencerahan (Age of Enlightenment). Abad Pertengahan merupakan transisi dari zaman Antikuitas ke zaman Modern; Renaissance dan Enlightenment. Periode ini ditandai dengan jatuhnya Romawi barat oleh Odoacer, raja pertama Italia, yang menggulingkan kaisar terakhir, Romulus Augustulus. Jika di masa Renaissance kaum heretik tak lagi dikekang Gereja dan memperoleh kebebasannya mengeksploitasi kecabulan dan ilmu pengetahuan yang melabrak doktrin supranaturalisme atau metafisik yang merujuk “kuasa Tuhan”, maka tahun 1400 M dianggap akhir dari periode Abad Pertengahan. Tahun 1400 M merupakan tahun bangkitnya Renaissance di Italia dengan menguatnya Dinasti Medici di Florence serta pengaruh Kepausan di Dunia Kristen Latin yang mulai memudar. Dominasi Gereja dan Kepausan atas seluruh sendi kehidupan di Eropa Barat waktu itu menjadi acuan atas apa yang dinamakan Abad Pertengahan (Middle Age), sehingga dengan memudarnya pengaruh Kepausan atas Dunia Kristen Latin (Latin Christendom) oleh peristiwa Skisma Besar, kemunculan Kaum Reformis, klaim Paus atas urusan spiritual-sekular yang dianggap menyalahi wasiat Kristus serta adanya kaum klerus (uskup, imam) yang amoral, maka runtuhlah periode Abad Pertengahan (Middle Age).
 
KEUNGGULAN :
1.Tujuan buku ini ditulis yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan sumber referensi sejarah dunia abad pertengahan, khususnya Eropa. Dengan gaya bahasa penulis yang lugas dan jelas, sehingga tidak membingungkan pembaca untuk memahami isi buku tersebut.
2.Buku ini ditulis oleh Alfi Arifian yang merupakan lulusan dari sastra Inggris fakultas ilmu budaya UTY. Selain itu, menjadi sejarawan dan penulis merupakan cita-citanya, dan salah satu jurnal sejarahnya yang pernah diterbitkan di Jurnal Antropologi Universitas Andalas (Unand) dengan judul “Redefinisi Kaum Paderi Melalui Metodologi Genealogis Foucauldian Sebagai Rekonsiliasi Ernis Minangkabau-Batak”.

Find Us