RAJA DI NEGARA REPUBLIK: Kehidupan Sultan Hamengku Buwono IX dari Yogyakarta

Sinopsis:

Hamengku Buwono IX, mantan Sultan Daerah Istimewa Yogyakarta, dihormati masyarakat Indonesia sebagai salah satu pendiri besar Negara Indonesia modern. Ia meninggalkan warisan yang positif, namun ambigu, dalam beberapa hal terkait politik. Pencapaiannya yang paling mencolok adalah dirinya yang berhasil mempertahankan Kerajaan Yogyakarta secara turun-temurun, dan ia memelihara stabilitas dan keberlanjutan langka dalam sejarah modern Indonesia yang sangat rusak. Di bawah Orde Baru, Hamengku Buwono juga membantu mengantarkan perekonomian Indonesia menuju jalan pertumbuhan yang jauh lebih kuat. Meskipun diingat sebagai simbol “kepatutan politik”, ia menghilang dari kekuasaan dan pengaruh sebagai wakil presiden, di tahun 1970-an. Sifat-sifat represif dan anti-demokratis dari Orde Baru-nya Suharto tampak sangat berlawanan dengan apa yang awalnya diperjuangkan oleh Hamengku Buwono.

Keunggulan:

  • Ditulis oleh penulis/pengamat luar yang mendapatkan ijin langsung dari pihak Kraton Ngayogyakarta.
  • Buku ini menyimpan sejarah langka mengenai sepak terjang Sri Sultan HB IX, sejak masa menjadi sultan muda di era kolonial, era Revolusi, Orde Lama, hingga Orde Baru. 
  • Data-data akurat dalam buku ini berasal dari arsip-arsip sejarah seperti Leiden University, NEFIS, Perpustakaan Australian National University, Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga wawancara langsung dengan saksi (yang saat wawancara masih) hidup, seperti Prof. Selosumarjan, mantan ajudan/staf pribadi Sri Sultan HB IX.
Detail
SKU 00223
Isbn 978-602-5638-18-3
Stock 5
Penerbit Anak Hebat Indonesia
Penulis John Monfries, Penerjemah: Uswatun Hasanah
Penyunting Sony Adams
Ketebalan 508
Dimensi 15x23
Bahasa Indonesia
Berat : 500 gram
Tagar :

Terakhir Dilihat

Find Us

Anak Hebat Indonesia © 2022. web by Desktop Site