SEJARAH LENGKAP PERANG DUNIA 1: 1914-1918

Sinopsis:

Perang Dunia I (WW1) adalah kontes gladiator terbesar sepanjang sejarah umat manusia yang melibatkan para hegemon Eropa serta koloninya. Vladimir Lenin, sang tokoh komunis Rusia yang dijuluki ‘virus’ oleh para hegemon Eropa menyebut perang ini sebagai ”perangnya bangsawan”, bukan ”perang rakyat”. Pemikirannya yang dilandasi sikap anti kaum ningrat dan prorakyat ini nantinya melahirkan gagasan berdirinya negara komunis di Rusia setelah berhasil menumbangkan dinasti penguasa Kekaisaran Rusia, Dinasti Romanov, melalui serangkaian revolusi: Revolusi Februari dan Revolusi Oktober 1917.

Selain itu, perang ini juga mengubah peta politik dunia: terdisintegrasinya negara Balkan yang tadinya berada di bawah kontrol Dinasti Hapsburg dari Kekaisaran Austro-Hongaria, runtuhnya Kekaisaran Turki Utsmani sebagai pemangku kekhalifahan Islam terakhir, terbentuknya Liga Bangsa-Bangsa (yang merupakan benih organisasi PBB), bangkrutnya Jerman yang harus menanggung semua dampak kerugian perang bagi negara-negara Blok Sekutu (yang memicu dendam rakyat Jerman hingga merencanakan Perang Dunia II), pengambilalihan koloni Jerman di Afrika dan Tiongkok oleh aliansi Sekutu (Inggris, Perancis, Jepang), serta pemindahan besar-besaran (eksodus) warga etnis Yahudi Eropa menuju ‘tanah yang dijanjikan’ (Palestina) yang merupakan implementasi dari “Deklarasi Balfour”. Lalu apa peran Raja Edward VII dari Inggris dalam konflik PD I, siapa juga tokoh yang disebut-sebut dalam Deklarasi Balfour sebagai Lord Rothschild? Buku ini akan menjawabnya!

 

 

Keunggulan:

  1. Buku ini mengisahkan detik-detik perang dunia pertama dari mulai sebab-sebabnya, hingga efeknya di tahun-tahun berikutnya.
  2. Buku ini ditulis oleh penulis yang memang banyak melakukan riset di dunia sejarah dan filsafat, beberapa karyanya pernah dimuat di beberapa surat kabar nasional dan buku terakhirnya adalah  Sejarah Dunia Abad Pertengahan (2017).
  3. Buku ini istimewa karena tulisannya divisualkan dengan gambar-gambar dan bagan-bagan yang mempermudah pemahaman pembaca untuk masuk ke dalam ranah cerita yang diketengahkan
 

 

Detail
SKU 00275
Isbn 978-623-244-132-3
Stock
Penerbit Anak Hebat Indonesia
Penulis Alfi Arifian
Penyunting Eka Almira
Ketebalan 336
Dimensi 14x20
Bahasa Indonesia
Berat : 300 gram
Tagar :

Terakhir Dilihat

Find Us

Anak Hebat Indonesia © 2024. web by Desktop Site