Mengaktifkan Kekuatan Pikiran Agar Hidup Lebih Positif

Diposkan: 25 Jan 2023 09:02:17 AM Dibaca: 1556 kali


Penulis: Rifka

Pernahkah kamu merasa sangat gelisah tanpa mengetahui penyebabnya? Mungkin, jawabannya ada dalam pikiranmu. Pikiran manusia selalu dipenuhi banyak hal. Otak kita memproses hingga 70.000 pikiran setiap hari. Jika sebagian besar atau bahkan seluruh pikiran itu bersifat negatif, tentu itu akan membuat kita merasa gelisah, sedih, putus asa, atau bahkan depresi. Di sinilah pentingnya kekuatan pikiran.

Apa Itu Kekuatan Pikiran?

Kekuatan pikiran adalah kombinasi dari pikiran sadar dan bawah sadar kita yang dapat diarahkan untuk mencapai sesuatu. Kekuatan pikiran atau mind power ini dapat dimiliki setiap orang, tetapi bukan berarti banyak orang dapat memanfaatkannya dengan optimal.

Misalnya, ketika kamu berpikir bahwa kamu akan gagal, maka secara sadar dan tidak sadar, tubuhmu akan menuruti pemikiran itu dengan bermalas-malasan, bekerja dengan lambat, tidak mau berusaha lebih karena merasa sudah tahu hasilnya, bahkan menyepelekan waktu tidur dan makan hingga jatuh sakit. Sebaliknya, ketika kamu berpikir bahwa kamu akan berhasil, tubuhmu akan terdorong untuk melakukan segala hal demi mencapai keberhasilan itu, termasuk berusaha dengan sebaik-baiknya dan menjaga kesehatan. Berpikir bahwa kamu akan berhasil itu adalah salah satu manfaat kekuatan afirmasi pikiran, atau biasa disebut positive thinking.

Dengan kekuatan pikiran, kita memberi diri kita sendiri afirmasi atau pengakuan atas hal-hal baik yang kita miliki. Afirmasi atas hal-hal baik itu disebut afirmasi positif. Namun, kekuatan pikiran juga bisa memberi diri kita afirmasi negatif, yaitu hal-hal buruk berupa kelemahan dan kekurangan diri kita yang menurut kita benar. Maka dari itu, penting untuk mengaktifkan kekuatan pikiran agar dapat melawan afirmasi negatif dan menjadikannya afirmasi positif yang lebih berguna untuk diri kita.

Cara Mengaktifkan Kekuatan Pikiran

Energi positif dan kekuatan pikiran adalah dua hal yang penting untuk menjaga pikiran sadar dan bawah sadar kita dalam kondisi yang baik. Dengan mengaktifkan kekuatan pikiran, kita dapat mengoptimalkan energi positif yang kita miliki untuk meraih pencapaian yang kita inginkan. Apa saja cara untuk mengaktifkan kekuatan pikiran?

  1. Menyadari banyaknya hal baik yang ada di sekitar kita. Misalnya, banyak orang akan datang membantu saat seseorang mengalami musibah di jalan. Ini akan membantu kita memandang dunia dengan lebih positif dan mengurangi negative thinking.

  2. Membiasakan diri untuk mengatakan hal-hal baik. Ini termasuk menghindari terlalu banyak mengumpat atau mengeluh yang identik dengan mengekspresikan energi negatif.

  3. Menyembuhkan luka batin dalam diri kita yang tercipta dari kekecewaan, kemarahan, penyesalan, atau kegagalan di masa lalu.

  4. Mengenali potensi diri dan mencari tahu cara untuk memaksimalkannya.

  5. Membaca buku-buku tentang positive attitude dan mind power.

Salah satu rekomendasi buku kekuatan pikiran adalah Rahasia Kekuatan Pikiran: Melatih Pikiran dengan Afirmasi Positif untuk Meraih Kebahagiaan dan Kesuksesan Hakiki. Dengan buku ini, kamu dapat memahami lebih jauh tentang kekuatan pikiran dan mendapat panduan untuk mengaktifkannya hingga menjadi afirmasi positif yang bermanfaat.



0 Komentar

Tinggalkan Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:

Find Us