Lindungi Diri agar Tak Tersakiti, Cara untuk Menyembuhkan Luka Batin

Diposkan: 19 Nov 2022 14:18:00 PM Dibaca: 45 kali


Penulis: Rifka Yasmin
 

Sebagai manusia, kita mengalami banyak peristiwa baik secara individual maupun bersama orang lain di sepanjang kehidupan. Beberapa peristiwa sangatlah buruk hingga meninggalkan rasa sakit yang membekas. Rasa sakit itu disebut sebagai luka batin. Luka batin adalah rasa sakit yang tertinggal dari peristiwa-peristiwa buruk yang pernah kita alami.

Ciri-ciri luka batin adalah rasa sakitnya terasa begitu mendalam sehingga sulit untuk dilupakan. Namun, itu bukan berarti luka batin tidak dapat disembuhkan. Salah satu cara untuk menyembuhkan luka batin adalah dengan melindungi diri dari perasaan tersakiti.

Luka Batin, Bukan Luka yang Bisa Dilihat

Luka batin dirasakan seseorang di dalam hati. Artinya, luka batin bukanlah luka yang dapat dilihat, diraba, atau disentuh seperti luka yang muncul di tubuh setelah kita terjatuh atau tergores. Bisa dibilang luka batin adalah sesuatu yang melukai jiwa seseorang sehingga penyebab luka batin pun kerap kali tidak dalam bentuk yang dapat dilihat. Untuk bisa mengobati luka batin, kita perlu melihat ke dalam diri dan merenungi apa penyebab munculnya luka tersebut.

Penyebab luka batin itu sendiri bermacam-macam. Hati atau jiwa seseorang dapat terluka setelah ia mengalami peristiwa-peristiwa buruk yang membuatnya merasa patah hati, sakit hati, sedih, marah, terpuruk, terkhianati, putus asa, dan perasaan-perasaan negatif lainnya. Peristiwa-peristiwa itu antara lain putus cinta, kehilangan orang-orang tersayang, gagal mencapai sesuatu, dikucilkan dari pergaulan, terjebak dalam hubungan yang tidak sehat, mengalami kekerasaan atau musibah, dan peristiwa-peristiwa tidak menyenangkan lainnya.

Melindungi Diri dari Luka Batin

Dengan mengenali penyebab dari luka batin yang kita alami, kita dapat memproses semua emosi yang berkaitan dengan penyebab tersebut dengan lebih rasional. Hal ini diperlukan karena luka batin dipenuhi dengan perasaan negatif yang sangat emosional, dan semua emosi itu bisa menghalangi kita untuk berpikir jernih. Padahal, dengan berpikir jernih dan rasional, kita bisa melindungi diri dari perasaan tersakiti. Kita bisa menyaring mana hal-hal menyakitkan yang sebaiknya tidak dimasukkan ke hati dan mana yang bisa kita terima sesuai dengan kapasitas kita. Dengan cara ini, kita bisa mengobati luka batin dan menjadi lebih kuat dalam menghadapi penyebabnya.

Selain itu, cara lain untuk mengobati luka batin adalah dengan membaca buku self-help yang dapat memandu kita untuk menentukan sikap-sikap yang tepat dalam menghadapi luka batin. Untuk itu, Baca Buku Ini Saat Engkau Terluka: Panduan untuk Penyintas Sakit Hati, Patah Hati, Kehilangan Orang-orang Tercinta, dan Luka-luka Batin Lain yang Tak Tersembuhkan dapat menjadi pilihan bacaan yang tepat untuk membantumu menyembuhkan luka-luka batinmu. Kalian bisa dapatkan buku keren ini di sini.



0 Komentar

Tinggalkan Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:

Find Us