Kebiasaan Buruk dalam Persahabatan yang Wajib Kamu Hilangkan!

Diposkan: 04 Jan 2023 10:58:10 AM Dibaca: 59 kali


Author: Adela Genasti Pratiwi

Menjalin hubungan persahabatan yang setia dan langgeng merupakan dambaan semua orang, bukan? Setiap individu, sejak kecil hingga beranjak dewasa, pasti memiliki teman atau sahabat yang sangat dekat di dalam hidup. Meski begitu, tanpa disadari, tidak semua teman atau sahabat dapat memberi pengaruh positif.

    Secara tidak sadar, terkadang di dalam sebuah pertemanan atau persahabatan terkandung sifat-sifat toxic atau kebiasaan buruk yang disebarkan oleh seorang atau beberapa teman. Bahkan, kebiasaan buruk tersebut juga dapat muncul dari diri kita sendiri. Kebiasaan-kebiasaan buruk ini biasanya hanya dianggap sepele, padahal sebenarnya dapat merusak kualitas persahabatan, loh! Lalu, apa saja kebiasaan buruk dalam persahabatan yang wajib dihindari?

  1. Tidak Dapat Dipercaya

Hubungan persahabatan biasanya memiliki lingkaran yang bersifat lebih privasi dibandingkan dengan hubungan pertemanan biasa. Oleh karena itu, merupakan hal wajar jika sesama sahabat bertukar cerita dan rahasia. Nah, tugas seorang teman atau sahabat adalah menjaga rahasia tersebut. Jangan sampai kepercayaan antar individu menjadi pecah karena kebiasaan buruk ini.

  1. Bergosip di Belakang

Bergosip memang sudah menjadi kegiatan yang umum ditemukan di lingkungan sosial. Tak terkecuali dalam hubungan pertemanan atau persahabatan. Sedekat apapun hubungan persahabatan, tetap tidak menghindarkannya dari kebiasaan buruk ini. Sebaiknya segera hilangkan kebiasaan buruk ini, karena sahabat yang baik adalah sahabat yang mau menegur dan memberi kritik saran secara langsung kepada sahabatnya, bukan bergosip dari belakang.

  1. Merendahkan

Kebiasaan buruk ini juga sering terjadi tanpa disadari. Kebiasaan ini biasanya terjadi saat seorang teman sedang bercerita atau meminta saran, namun teman lainnya justru menjadikannya sebagai lelucon. Mungkin maksud dari lelucon ini hanya sebuah candaan biasa, tetapi kebiasaan buruk ini bisa saja menyakitkan. Segera ubah kebiasaan buruk ini! Berikan tanggapan yang sesuai dengan konteks dari cerita teman kamu. Sedikit bercanda memang diperbolehkan, tetapi jangan sampai merendahkan teman kamu.

  1. Hadir Hanya Saat Membutuhkan Bantuan

Seorang teman atau sahabat yang “dateng cuma kalau butuh doang” ini cukup sering dijumpai. Mungkin dapat pula ditemukan di dalam lingkaran persahabatan kamu atau bahkan kamulah salah satunya. Dalam sebuah pertemanan atau bahkan persahabatan yang sangat erat, sudah seharusnya individu saling membantu satu sama lain. Segera hindari kebiasaan buruk ini agar persahabatan kamu tetap kompak dan langgeng.

 

    Berikut tadi contoh kebiasaan-kebiasaan buruk dalam hubungan persahabatan yang timbul secara tidak sengaja dan dapat menjadi bumerang apabila tidak segera dihilangkan. Salah satu cara menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah dengan meningkatkan kepekaan dan rasa empati  kamu. 

    Manusia memang tak luput dari kesalahan dan kebiasaan buruk. Namun, bukan tidak mungkin kebiasaan-kebiasaan buruk ini dapat hilang. Untuk menambah insight, kamu dapat membaca buku Berdamai dengan Kebiasaan Buruk karya Yoga Febrianto yang bisa kamu dapatkan pada tautan ini.

 


0 Komentar

Tinggalkan Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:

Find Us