Hidup Mindful, Gaya Hidup yang Ramah Lingkungan

Diposkan: 05 Jan 2023 08:38:19 AM Dibaca: 51 kali


Penulis: Rifka Yasmine

Hidup mindful atau mindful living adalah cara untuk menjalani hidup dengan penuh kesadaran. Artinya, seseorang yang menerapkan hidup mindful memiliki pemahaman yang jelas dan mendalam atas segala pilihan dan keputusan yang harus diambil dalam kesehariannya. Jika kamu ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan, hidup mindful layak untuk dicoba.

Manfaat Hidup Mindful sebagai Gaya Hidup

Banyak orang menerapkan konsep mindfulness dalam hidup mereka untuk mencapai kedamaian batin. Kedamaian tersebut didapatkan dari menjalani hidup dengan lebih banyak perenungan yang menghindarkan kita dari sikap-sikap negatif seperti mudah merasa tertekan atau menghakimi orang lain.

Namun, perenungan itu bukan dilaksanakan secara khusus seperti meditasi, melainkan dijadikan kebiasaan atau pola pikir yang meningkatkan kesadaran kita akan hal-hal atau situasi yang kita alami. Misalnya, ketika kita merasa kesal, kita tidak membiarkan kekesalan itu menguasai kita dan justru bertanya kepada diri sendiri, apa pemicu rasa kesal itu? Dengan menyadari penyebab dari kekesalan itu, kita dapat mengelola emosi dengan lebih baik dan menjalani hidup dengan lebih mindful. Itulah salah satu manfaat hidup mindful sebagai gaya hidup.

Manfaat lain dari hidup mindful adalah kita akan terdorong untuk menentukan pilihan-pilihan yang lebih ramah lingkungan. Dengan memahami dan menyadari bahwa segala hal yang kita beli, pakai, dan konsumsi memiliki dampak jangka panjang, kita bisa memilih untuk membeli barang-barang yang terbuat dari bahan ramah lingkungan, mendaur ulang barang-barang lama yang masih bisa digunakan, mengolah dan mengonsumsi makanan dengan mempertimbangkan food waste atau limbah yang mungkin dihasilkan, dan berhemat untuk mengurangi konsumsi atas hal-hal yang terbukti tidak baik untuk lingkungan, seperti plastik, daging, dan benda-benda sekali pakai.

Mulai Menerapkan Hidup Mindful

Sudah yakin ingin mengubah gaya hidup menjadi lebih mindful? Untuk diri sendiri ataupun lingkungan, hidup mindful memiliki banyak manfaat yang dapat meningkatkan kualitas hidup kita. Lalu, bagaimana caranya mulai menerapkan sikap mindful dalam keseharian?

Pertama, tentu saja dengan niat. Dengan niat yang jelas, tekad dan motivasi kita untuk melakukan suatu hal akan menjadi lebih kuat, dan kita tidak akan mudah goyah dalam menjalaninya. Kedua, pahamilah baik-baik arti dari konsep mindfulness. Kamu bisa mempelajari mindfulness dengan berdiskusi dengan orang lain yang sudah berpengalaman dalam menjalani gaya hidup ini, atau membaca karya-karya seperti buku hidup mindful.

Contoh buku yang direkomendasikan adalah The Power of Mindfulness: 30 Hari Menerima Hidup Apa Adanya, Tekad yang Bulat, Pikiran yang Terbuka, dan Hati yang Ikhlas dalam Segala Hal. Buku mindfulness ini tidak hanya akan membantumu memahami lebih dalam konsep mindfulness, tetapi juga mengajakmu menerapkannya secara perlahan hingga menjadi gaya hidup barumu. Buku ini dapat didapatkan di sini dengan harga yang sangat terjangkau, dan tentu saja sepadan dengan manfaat yang akan didapatkan.

 


0 Komentar

Tinggalkan Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:

Find Us