Efektif! 3 Cara Mengelola Pikiran Agar Tidak Stres

Diposkan: 30 Nov 2021 11:29:18 AM Dibaca: 85 kali


Apakah Anda ingin bahagia setiap harinya? Tentu saja jawabannya pasti iya. Namun, apakah setiap hari harapan untuk bahagia akan selalu berjalan sesuai rencana? Tentu saja tidak. Sebab, kamu tidak akan pernah tahu masalah apa yang akan menghadang di kehidupanmu. Apabila dirimu tidak siap untuk mengatasi persoalan hidupmu itu, ujung-ujungnya kamu akan panik, cemas, dan takut. Produktivitas dan daya fokusmu pun akan menurun, apabila kamu tidak bisa mengelola pikiran dengan baik. Lebih parahnya lagi, pikiranmu akan digelayuti oleh pikiran negatif yang mengarah pada hal-hal buruk, seperti overthinking, konsumsi makanan berlebihan, rasa cemas berlebihan, hingga stres. Melalui artikel ini, kamu akan belajar cara mengolah pikiran agar tetap sehat dan bebas stres.

Beginilah 3 Cara Efektif Mengelola Pikiran Agar Tidak Stres

Meditasi Setiap Hari

Menjaga kesehatan tubuh itu sangatlah penting, karena ini juga akan memengaruhi kesehatan pikiran. Cobalah untuk belajar melakukan meditasi diri sebelum pergi istirahat di malam hari. Dengan meditasi, kamu akan lebih mudah mengelola pikiran positif, sebab meditasi dimaksudkan untuk memperoleh pikiran yang tenang dan relaks. Mulailah bermeditasi dengan duduk bersila senyaman mungkin dan tutup kedua matamu secara perlahan. Lantas, hiruplah napas panjang secara perlahan dengan hidung dan tahan selama sepuluh detik. Kemudian, buang napas tersebut lewat mulut. Ulangilah aktivitas itu selama kurang lebih 20 menit. Fokuskan pikiranmu pada pernapasanmu saja. Sehingga, pikiranmu perlahan-lahan akan memperolah ketenangan dan kedamaian.  

Fokus Pada Pengalaman Positif

Ketika persoalan hidupmu membuat pikiranmu kacau, terkadang kamu akan mengingat kesalahan-kesalahanmu di masa lalu. Alhasil, pikiranmu akan terbayang-bayang oleh hal-hal negatif. Rasa penyesalan pun bisa menghinggapi pikiranmu, sehingga kamu memikirkan masa lalumu secara berlebihan. Alhasil, sepanjang hari, pikiranmu hanya diliputi oleh kecemasan yang tak kunjung hilang. Maka dari itu, hindari berpikir negatif. Relakan masa lalu terjadi padamu. Kamu harus bisa berdamai dengan masa lalumu. Jadikanlah masa lalumu sebagai pengingat bahwa kamu tidak akan jatuh pada lubang yang sama. Kemudian, ambil hikmah di masa lalu yang dapat menjadi pelajaran hidup. Dengan begitu, pikiranmu tidak akan kalut karena overthinking pengalaman di masa lalu.

Ingat Untuk Selalu Bangkit dan Bergerak Maju

Ketika kamu terus-terus khawatir akan permasalahan hidupmu tanpa dibarengi untuk menemukan solusinya, kamu hanya akan memperparah kesehatan pikiranmu. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengaplikasikan seni mengelola pikiran dengan mengingat apa saja target yang ingin kamu capai. Jangan Sampai kecemasan menguasai pikiranmu. Segeralah sadar dan bangkit, sehingga kamu bisa terus bergerak maju mengejar mimpi-mimpimu. Ingatlah bahwa overthinking tidak ada gunanya. Fokuskan dirimu untuk meenyelesaikan aktivitas dan pekerjaan yang saat ini kamu lakukan. Dengan demikian, pikiranmu bisa kamu kontrol sebaik mungkin.

Masih ada cara alternatif yang dapat kamu terapkan untuk mengelola pikiran, yaitu membaca buku self-help. Aktivitas baca buku memang memiliki banyak keuntungan baik bagi tubuh dan pikiranmu. Selain baik untuk mengasah kemampuan berpikir, membaca juga bisa mengurangi tingkat stres pada dirimu. Namun, mengapa harus buku self-help? Sebab, buku bergenre psikologi populer ini tidak hanya menawarkan kisah-kisah inspiratif yang menghibur dan sarat hikmah, tetapi buku ini juga menyajikan masukan dan instruksi positif yang dapat mengubah hidupmu jadi lebih baik. Silakan kunjungi link ini untuk mendapatkan buku-buku self-help berkualitas. 



0 Komentar

Tinggalkan Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:

Find Us