Artikel

Semua Orang Ingin Hidup Bahagia, Kamu Juga Kan? (Bagian 1)


Semua Orang Ingin Hidup Bahagia, Kamu Juga Kan? (Bagian 1)

Setiap orang pasti ingin memiliki kehidupan yang indah, bahagia setiap hari, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, tidak ada yang perlu ditakutkan, dan lain sebagainya. Sebaliknya, nggak ada satu orang pun di dunia ini yang ingin hidup sedih, hidup susah, setiap hari berurai airmata, hidup dalam kekurangan dan lain sebagainya. Inilah yang membuat orang rela melakukan segalanya agar bisa meraih keinginannya untuk hidup bahagia. Kamu pun pasti juga ingin hidup seperti itu kan? Tapi masalahnya, bagaimana caranya agar hidup kita ini bisa menyenangkan, bisa bahagia seperti yang kita harapkan. Nggak perlu pusing, kali ini kita bakalan belajar dan berusaha bersama-sama untuk bisa mendapatkan kehidupan yang lebih bahagia dari sebelumnya.

Pertama, jangan serakah, iri hati terhadap milik orang lain. Tuhan sudah membagi rezeki kepada mahkluk-Nya secara adil, kata kunci itulah yang seharusnya kita pegang baik-baik. Tidak perlu iri dengan nikmat atau kebahagiaan yang dirasakan orang lain. Kita tidak perlu panas ketika melihat tetangga kita beli almari es baru, motor baru, baju baru dan lain sebagainya. Kita juga tidak perlu marah-marah ketika tetangga sebelah membeli mobil baru, tidak perlu gelisah ketika tetangga sebelah membangun rumah baru dan lain sebagainya. Kita seharusnya bisa lebih bahagia dengan apa yang kita punya. Hidup bahagia itu letaknya ada di hati, jika hati kita bisa mensyukuri atas apa yang kita miliki hari ini, maka hidup kita secara otomatis akan bahagia sepanjang masa.

Kedua, jangan pura-pura kaya. Inilah yang terkadang susah untuk dipahami oleh kebanyakan orang. Mereka cenderung lebih memilih image atau pencitraan daripada kenyataan. Mereka lebih suka disebut sebagai orangkaya daripada bahagia pada kenyataan yang ada. Kita pasti sering melihat ada orang yang rela berhutang demi untuk bisa membeli tas branded, baju bermerk, smartphone tercanggih dan lain sebagainya. Padahal semua itu adalah perilaku yang salah dan justru menjerumuskan kita dalam ketidakbahagiaan. Bagaimana kita bisa bahagia jika kita memiliki barang-barang mewah tapi tidak tenang karena terus dibuat pusing oleh hutang. Jadi hidup bahagia itu adalah ketika kita tidak malu disebut sebagai orang miskin, tapi malu ketika pura-pura menjadi orang kaya tapi hati merana karena hutang.

Hidup bahagia itu bukanlah sebuah kemustahilan. Setiap orang pasti bisa memiliki kebahagiaan sesuai dengan harapannya. Hanya saja, terkadang kebahagiaan itu menjadi sesuatu yang sulit bagi mereka yang tidak memahami betul tentang seni berbahagia. Memangnya seperti apa sih seni berbahagia itu? Berbagai hal seputar seni berbahagia sudah terangkum dengan cantik dan terperinci di dalam sebuah buku yang berjudul Seni Berbahagia: Sebuah Cara untuk Menemukan Bahagiamu dari Sekarang, Esok dan Selamanya karya dari Ardhina Nugraheni. Untuk bisa mendapatkan buku tersebut, kalian bisa klik di sini.

Page created in 5.771259 seconds.