Artikel

7 Tips Terapi Depresi Tanpa Obat-obatan yang Bisa Ringankan Bebanmu


7 Tips Terapi Depresi Tanpa Obat-obatan yang Bisa Ringankan Bebanmu

Depresi menjadi masalah serius yang harus kita perhatikan. Sebenarnya banyak yang mengeluhkan masalah ini, tetapi tidak punya cukup keberanian untuk mengungkapkannya secara terbuka. Pasalnya, stigma yang menempel tentang depresi justru lebih banyak memperburuk citra penderita depresi itu sendiri. Banyak yang dicap gila hingga kurang iman, itulah yang membuat penderita depresi enggan membuka diri.

Depresi sendiri dapat dibagi menjadi depresi ringan, sedang, dan berat. Berbagai terapi depresi dihadirkan sesuaikan dengan kadarnya tersebut. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas terapi untuk depresi yang sifatnya ringan.

 

Cara Terapi Depresi Tanpa Obat

Gejala yang dirasakan saat depresi ringan pada dasarnya tidak begitu berbeda dengan depresi berat. Hanya saja, rentang waktu depresi ringan lebih cepat dibanding depresi berat yang bisa sampai menahun. Berikut ini adalah cara terapi depresi yang bisa kamu lakukan sendiri:

  1. Lakukan aktivitas fisik

Salah satu cara alami mengatasi depresi adalah dengan gerak tubuh atau olahraga. Olahraga apa pun bisa membantu, sebab aktivitas fisik akan meregulasi zat kimia pada otak dan meningkatkan endorfin secara alami. Pilihlah yoga, jogging ringan, jalan santai, bersepeda, atau angkat beban.

  1. Pilih makanan yang tepat

Pilihlah jenis makanan yang dapat membantu mengurangi depresi, yaitu makanan-makanan yang mengandung omega 3, vitamin D, vitamin B, serta magnesium. Hindari kafein, karena dapat memicu kecemasan. Juga kurangi konsumsi gula dan alkohol.

  1. Luangkan waktu untuk terapi dan relaksasi

Cari tahulah apa yang membuatmu depresi, lalu bercakap-cakaplah dengan dirimu sendiri. Kamu bisa menulis jurnal atau menggambar untuk menyalurkan emosi. Kamu juga bisa menerapkan EFT (Emotional Freedom Technique), yaitu metode yang menggunakan ilmu psikologi modern dikombinasikan dengan kebijaksanaan kuno titik akupunktur. Dalam EFT, kamu perlu mengetuk titik-titik tertentu untuk melepaskan emosimu sambil menyuarakan afirmasi positif.

  1. Nikmati cahaya matahari

Luangkan waktu setidaknya 20-30 menit sehari untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Vitamin D dapat membantu mengontrol gejala-gejala depresi.

  1. Tidur nyenyak

Jangan lewatkan tidur yang berkualitas setiap malam. Jauhkan gadget dari tempat tidur, redupkan lampu, bila perlu gunakan alunan musik yang bisa membantumu terlelap. Jika kamu susah tertidur setiap malam, kurangi porsi tidur siang dan perbanyak aktivitas fisik. Depresi dapat diatasi dengan kualitas dan kuantitas tidur yang baik.

  1. Meditasi

Sebuah studi terbaru menyatakan individu dengan kecenderungan depresi memiliki hubungan asimetris antara lobus frontal kanan dan kirinya. Hubungan asimetris itu disebabkan oleh stres. Terkait ini, meditasi terbukti dapat mengurangi stres dan menciptakan hubungan lobus kanan-kiri yang lebih simetris. Jika dilakukan secara rutin, meditasi dapat menciptakan struktur lebih baik pada otak.

  1. Bersyukur

Luangkanlah sedikit waktu untuk bersyukur setiap harinya, bahkan jika kondisimu sedang sangat tidak memungkinkan. Mulailah dengan menyebut tiga hal baik yang kamu dapatkan dalam satu hari itu, lalu bersyukurlah. Bersyukur dapat membuat seseorang lebih berbahagia.

 

Buku Panduan Terapi Depresi Ringan

Setelah membaca tips-tips di atas, kamu bisa melakukan terapi depresi ringan sendiri di rumah atau di mana pun. Untuk lebih memandu kamu, kamu bisa membeli buku ini di berbagai toko buku. Buku berjudul Terapi Depresi karya Heri Susilo ini memuat teknik EFT yang mudah dan sederhana, dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik. Buku ini akan membantu kamu melepaskan emosi, melepaskan masalah, dan menerima kenyataan.

Selain Terapi Depresi, buku-buku ini juga bisa membantu kamu dalam melepaskan stres dan memahami depresi. Link 1, link 2.

Page created in 5.516322 seconds.