3 Tips Simpel Membangun Personal Branding Untuk Melejitkan Kesuksesan Diri

Diposkan: 10 Nov 2021 13:52:20 PM Dibaca: 45 kali


Merek tidak hanya melekat pada produk dagangan atau produk jasa saja, tetapi merek juga erat kaitannya dengan diri sendiri. Bagaimana cara kita mempromosikan diri sendiri kepada khalayak ramai adalah personal branding. Ini tidak hanya menyangkut bagaimana kita mengaktualisasikan diri. Namun, proses pemerekan diri sendiri lebih menitikberatkan bagaimana kita mempertahankan citra diri dengan kemampuan yang kita miliki. Tidak dimungkiri, manusia pasti mempunyai kelemahan dan kelebihan. Pasti kita ingin dipandang sebagai pribadi yang pandai dan unggul oleh orang lain.

Ya, kamu dapat memproyeksikan gambaran tentang dirimu sendiri di pikiran setiap orang yang kamu kenal dan orang lain yang mengenalmu melalui proses pemerekan diri. Merek diri tidak melulu sangat penting untuk artis, selebgram, maupun pejabat pemerintah saja. Kamu pun perlu mempersiapkan dirimu sendiri sedini mungkin agar kamu dapat memberikan kesan-kesan menarik kepada orang lain. Kemudian, kamu bisa melangkah secara perlahan menuju tangga kesuksesan.

Dijamin Sukses, Praktikkanlah 3 Tips Simpel Membangun Personal Branding Ini

Pertama, percaya pada diri sendiri. Personal branding artinya pelabelan diri sendiri dengan mengedepankan kemampuan dan karakteristik yang kita miliki. Sehingga, orang lain dapat melihat diri kita secara sepenuhnya. Apakah kamu berlabel baik atau buruk? Itu semua tergantung pada bagaimana kamu bersikap dan menunjukkan potensi dirimu. Kunci utama yang mesti kamu pegang adalah memiliki rasa percaya diri. Memang tidak semua orang bisa percaya diri begitu saja. Kamu mesti bisa mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui seluk-beluk tentang dirimu, termasuk kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

Kedua, terus belajar. Mungkin kamu sudah menguasai suatu keahlian tertentu yang dapat memberikanmu keuntungan secara materi. Akan tetapi, teruslah mencoba hal baru dan selalu lapar akan ilmu baru. Inglatlah bahwa belajar itu tidak hanya di sekolah atau kampus saja. Belajar terjadi dari lahirmu sampai matimu. Dan, apabila kamu memperoleh ilmu baru, artinya kamu telah meng-upgrade dirimu sendiri ke level yang lebih tinggi. Kemudian, kamu pun siap menaklukkan setiap rintangan yang ada di depan matamu. Salah satu hal sederhana yang dapat kamu pelajari untuk meningkatkan level personal branding pada dirimu adalah kemampuan public speaking.

Ketiga, publikasikan keahlianmu di media sosial. Dewasa ini media sosial tak pernah terlepas dari kehidupan sehari-hari. Kini sudah banyak orang yang bisa mengakses media sosial via gawai canggih mereka. Menyoal personal branding diri sendiri, memanfaatkan Instagram, Facebook, dan Twitter tidaklah cukup untuk menunjukkan potensi yang kamu kuasai. Cobalah manfaatkan situs web Linkedin untuk menjalin banyak relasi serta membangun citra dirimu. Tapi, ingatlah untuk selalu jujur dan terus terang dalam berproses membentuk citra diri ini. Sebab, sekali kamu berbohong kepada orang lain, kamu akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan mereka kembali.

Menanam, Memupuk, Dan Merawat Personal Branding Melalui Kebiasaan Membaca

Memulai rutinitas membaca buku dapat membantumu membangun personal branding. Selain dapat menambah wawasan, membaca juga bisa meningkatkan kemampuan imajinasi dan kreativitasmu. Selain itu, aktivitas membaca bisa memperkuat daya ingat otak dan memperkaya penguasaan kosakata. Kamu pun dapat lebih terencana dalam menjalani aktivitas sehari-harimu. Mulai sekarang, cobalah untuk meluangkan waktu sekitar 20 menit untuk membaca buku tentang pengembangan diri, bisnis, pola pikir, atau novel. Jika kamu sudah terbiasa, tingkatkanlah lagi durasi membacamu. Pikiranmu pun akan terpenuhi oleh inspirasi dan motivasi yang mampu melejitkan dirimu sendiri. 



0 Komentar

Tinggalkan Komentar

* Nama
* Email
  Website
* Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:

Find Us