MAO ZEDONG: Sebuah Biografi

MAO ZEDONG: Sebuah Biografi

Author : Nurjannah, Y.A.

Rp. 29.500

Judul

MAO ZEDONG: Sebuah Biografi

Nomor ISBN

978-602-0770-92-5

Kategori

Jenis Cover

Soft Cover

Kertas Isi

Bookpaper (BW)

Tebal Buku

132 Halaman

Berat Buku

200 gram

Dimensi

14 x 20

Lokasi Stok

Gudang Anak Hebat Indonesia

Qty

Mao Zedong lahir pada 26 Desember 1893 di Shaosan, Kabupaten Xiang Tan, Provinsi Hunan di jantung Cina. Mao dibesarkan dari keluarga petani miskin meskipun lama-lama mengalami perkembangan. Ayah Mao bernama Yi-Chiang dan ibunya merupakan anak ketujuh yang lahir dari marga Wen.

 

Pemikirannya tentang Marxisme berawal ketika dirinya memutuskan untuk pindah ke Beijing. Di Beijing ini, Mao mendapatkan pekerjaan sebagai pustakawan di Universitas Nasional Beijing. Ketika bekerja di perpustakaan, Mao tinggal bersama mahasiswa dari Hunan. Di sinilah Mao sering berjumpa dengan orang-orang berhaluan Marxisme dan bergabung dengan Kelompok Studi Marxis yang diorganisasi oleh Li Dazhao sampai pada akhirnya pada 1920, Mao memantapkan dirinya sebagai seorang Marxis.

 

Selama lebih dari tiga puluh tahun, sepak terjang Mao di dunia politik semakin memuncak. Pada akhirnya, ia menjadi presiden Republik Rakyat Tiongkok dan terkenal dengan gebrakannya di dunia politik yang bernama Revolusi Kebudayaan. Mao akhirnya meninggal dunia di Beijing pada 9 September 1976 pada usia 82 tahun setelah menderita penyakit Lou Gehrig

  1. Buku ini masuk ke dalam bidang biografi tokoh dan mempelajari biografi adalah sebuah usaha mempelajari sejarah masa lalu terkait dengan tokoh tersebut, yang dalam hal ini, Mao Zedong.  
  2. Buku ini membahas tentang Mao Zedong yang terkenal akan revolusi kebudayaannya. Walaupun revolusi ini sedikit mempunyai efek samping yang kurang baik untuk daerah pinggiran, namun biografi ini dapat menjadi panduan singkat untuk mengenal sosok Mao lebih jauh.

Buku ini seharusnya menjadi buku wajib yang harus dimiliki semua orang, khususnya bagi penikmat buku sejarah


Page created in 5.469213 seconds.