Artikel

Sulit Mengatasi Overthinking? Inilah 3 Dampak Negatif Karena Sering Berpikir Berlebihan


Sulit Mengatasi Overthinking? Inilah 3 Dampak Negatif Karena Sering Berpikir Berlebihan

Terkadang kita dapat memikirkan suatu permasalahan seharian penuh, hingga memengaruhi aktivitas sehari-hari. Sebagai contoh, kamu di-PHK dari perusahaan tempatmu karena pandemi korona. Padahal, kamu sudah bekerja selama 5 tahun. Akibatnya, kamu hanya menganggur di rumah dan terus-terusan memikirkan keadaanmu yang telah diberhentikan dari pekerjaan. Karena itu, kamu harus tahu cara mengatasi overthinking, agar kehidupanmu lebih nyaman dan kamu bisa berkembang jadi pribadi yang  lebih baik.

Apabila kamu tidak segera mencari solusi atas persoalan hidupmu, pikiranmu akan cenderung mengarah pada kecemasan. Ibaratnya, kamu seperti pelari maraton yang hanya berputar-putar saja. Sehingga, kamu tidak akan pernah menemukan garis finis. Oleh karena itu, menghilangkan overthinking sangatlah penting dilakukan, di antaranya adalah membaca buku-buku self-help, meditasi, dan menyibukkan diri. Apalagi di masa pandemi seperti ini, rawatlah kesehatan mental dan fisik, sebelum overthinking memberikan dampak negatif pada dirimu.

3 Dampak Negatif Karena Kesulitan Mengatasi Overthinking 

Berakibat buruk pada kesehatan mental

Kebiasaan buruk berpikir berlebihan dapat memengaruhi kesehatan mentalmu. Gangguan ringan yang dapat kamu alami karena terlalu sibuk berpikir berlebihan adalah kecemasan. Alhasil, kedamaian dalam pikiran akan sedikit demi sedikit menghilang. Seolah-olah, awan mendung selalu menyelimuti hari-harimu. Karena itu, kamu harus tahu cara mengatasi overthinking untuk bisa menjalani hidup dengan tenang dan bahagia. Cobalah untuk melakukan aktivitas yang kamu sukai, misalnya olahraga, membaca, dan bersih-bersih rumah. Dengan begitu, otakmu akan berkerja dan semakin tajam. Kreativitas dan daya analisismu juga akan meningkat, seiring kamu melakukan kegiatan positif, sebagai obat penawar overthinking dan penghilang stres.    

Mengalami gangguan pola makan

Berpikir secara berlebihan tentunya akan menghabiskan banyak energi. Akibatnya, kamu akan mengalihkan diri dengan makan makanan kurang bergizi, seperti junk food, gorengan, and camilan. Kamu pun jadi sering mengonsumsi banyak makanan setiap saat, karena energimu terkuras untuk overthinking. Sebab, seiring kamu berpikir berlebihan, energi yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Apabila kamu tidak segera mengubah kebiasaan buruk ini, kesehatan fisikmu akan menjadi korban. Kamu pun bisa mengidap obesitas, tekanan darah tinggi, hingga serangan jantung, akibat mengonsumsi makanan secara sembarangan. Bahkan dalam beberapa kasus, kebiasaan berpikir berlebihan bisa menjerumuskan orang untuk mengonsumsi minuman alkohol hingga obat-obatan terlarang.

Mengalami gangguan tidur

Ketika kamu berpikir berlebihan tentang sesuatu yang ada di luar kendalimu, kamu akan kesulitan mengistirahatkan tubuhmu di malam hari. Ditambah, pikiranmu sedang tidak dalam keadaan tenang, sebab overthinking dan kecemasan masih menggelayuti dirimu. Kamu pun membutuhkan banyak waktu hanya untuk pergi tidur di malam hari. Bahkan, kamu dapat mengidap insomnia berat akibat terus-terusan berpikir berlebihan hingga larut malam. Alhasil, keesokan harinya kamu akan merasa dongkol karena dirimu masih berkutat dengan masalah yang ada di pikiranmu. Oleh karena itu, cobalah melakukan meditasi ringan sebelum tidur sebagai cara untuk mengatasi masalah overthinking. Duduklah senyaman mungkin, kemudian tutup kedua matamu. Lalu, ambil napas panjang melalui hidung, dan keluarkan secara perlahan menggunakan mulut. Kamu pun akan merasa lega dan relaks.

Membaca Buku Sebagai Terapi Mengatasi Overthinking

Sebelum kebiasaan buruk overthinking mengambil alih dirimu, kamu dapat mengubahnya dengan cara rajin membaca buku. Rekomendasi buku yang dapat membimbingmu mengatasi overthinking adalah buku-buku self-help. Sebab, buku self-help tidak hanya berisi kisah-kisah menarik dan inspiratif dari orang lain, tetapi buku ini dapat memberikamu masukan positif terkait permasalahan hidup yang sedang kamu hadapi. Selain itu, kamu juga dapat meningkatkan daya imajinasi dengan membaca. Dan, persepsimu tentang diri sendiri, orang lain, dan dunia juga akan menjadi lebih baik.

Page created in 4.369772 seconds.