Artikel

Mengapa Membaca Mikro Ekspresi Itu Penting?


Mengapa Membaca Mikro Ekspresi Itu Penting?

Terkadang kamu bisa tidak menyadari emosi dan perasaan orang yang kamu ajak berbicara. Meskipun kamu telah akrab dengan orang tersebut, hingga sudah saling melemparkan candaan, pendapat, dan pertanyaan. Kamu tak akan pernah tahu isi pikirannya, hanya dari perkataannya saja. Oleh karena itu, kamu harus berlajar membaca mikro ekspresi, ekspresi wajah yang terjadi secara cepat ketika berbicara, entah itu disengaja maupun tidak. Sebab, kemampuan ini akan memberikanmu keuntungan bagi dirimu sendiri. Mari simak bersama- sama mengapa membaca mikro ekspresi begitu penting melalui artikel ini.

Pentingnya Belajar Membaca Mikro Ekspresi

Pada suatu sore kamu mengajak pasanganmu ke restoran favoritmu. Setelah menemukan tempat duduk yang nyaman, pelayan restoran menghampirimu dan menyodorkan buku menu makanan. Kemudian, kamu dan pasanganmu memesan makanannya. Sembari mengobrol seru soal hobi terbaru bersepeda, tak lama kemudian makanannya pun disajikan kepadamu. Tetapi, pandangan mata pasanganmu dari tadi kosong. Ia tidak fokus untuk menyantap makanannya.

Jika kamu tahu cara membaca mikro ekspresi, kamu tidak akan bertanya kepada pasangmu, “Ada apa sayang?”. Tetapi, kamu akan segera mengerti bahwa pasanganmu sedang sedih karena suatu masalah. Sehingga, kamu akan segera mencari solusi atas permasalahan itu. Sebab, sadar atau tidak rasa sedih akan terlihat dari ekspresi wajah dengan pandangan kurang fokus dan kosong.

Melalui belajar membaca mikro ekspresi, kamu dapat mengungkap isi pikiran dan emosi orang lain.  Beberapa cara untuk mengetahui perasaan orang lain lewat mikro ekspresi, di antaranya adalah; jijik (mendekatkan alis dan mengangkat bibir), marah (memfokuskan mata dan menurunkan alis), takut (membuka mulut sedikit), sedih (pandangan mata kosong dan kurang fokus), senang (tersenyum), dan terkejut (pupil mata membesar dan mulut terbuka). Alhasil, melalui teknik membaca ekspresi wajah ini, kamu bisa jadi lebih peka terhadap perasaan orang lain. Lalu, kamu juga bisa memprediksi tindakan selanjutnya yang harus kamu lakukan ketika berinteraksi dengan orang lain. Dan, mikro ekspresi akan memberitahukan kepadamu maksud sebenarnya dari lawan bicaramu.

Rekomendasi Buku Tentang Membaca Mikro Ekspresi Yang Wajib Kamu Baca

Agar kamu lebih mahir membaca mikro ekspresi wajah orang lain, cobalah membaca buku berjudul Seni Mengenali Karakter Orang Lain karya Jasmine Asyahida. Buku pengembangan diri ini akan mengajarkanmu bagaimana teknik membaca bahasa tubuh dan ekspresi wajah orang lain. Sehingga, kamu dapat mengungkap isi pikiran, perasaan, dan karakter orang lain. Apabila kamu bekerja di bagian perekrutan karyawan, buku ini wajib kamu miliki dan baca. Selain itu, buku ini akan membantumu untuk mengetahui apakah lawan bicaramu berbohong atau tidak.

Page created in 4.419933 seconds.