Artikel

Jangan Berpikir Positif Kalau Kamu Nggak Mau Hal-Hal Seram Ini Terjadi Padamu!


Jangan Berpikir Positif Kalau Kamu Nggak Mau Hal-Hal Seram Ini Terjadi Padamu!

Buat apa sih berpikir positif? Bukannya itu rempong, ya? Apa-apa harus dilihat sisi baiknya, duh, males banget. Bukannya lebih enak kalau kita berpikir negatif? Kalau yang terjadi hal negatif ya kita pikirkan negatif, kalau yang terjadi hal positif ya tetap kita pikir negatif. Mengalir ajalah…

Habis, kita kan harus selalu waspada, jangan sampai lengah, jangan sampai terlalu berharap, sebab kalau harapan tidak terwujud rasanya pasti sakit banget. Contohnya begini: ada teman bersikap sangat baik kepada kita, mendukung kita, dan selalu ada buat kita; itu pasti ada apa-apanya, kan? Mana mungkin ada seseorang yang begitu baik pada orang lain tanpa mengharapkan imbalan apa pun? Di sinetron-sinetron saja orang jahat bisa pura-pura baik kok, apalagi ini di kehidupan nyata. Dan dari sinetron pula kita belajar bahwa menjadi orang baik yang selalu berpikir positif itu justru rawan dimanipulasi. Ingat kisah Cinderella yang jadi pembantu di rumahnya sendiri? Memangnya kamu mau jadi babu? Nggak, kan?

 

Berpikir Positif Menurut Para Ahli

Secara sederhana, berpikir positif artinya berpikir dalam sisi yang baik. Sedangkan berpikir positif, menurut para ahli, adalah kemampuan memusatkan perhatian pada sisi positif keadaan diri, orang lain, maupun situasi yang terjadi. Ini adalah kemampuan yang harus diusahakan dan dipelajari, tidak bisa datang dengan sendirinya. Alias, secara alami manusia memang tidak didesain untuk berpikir positif. Itu! Jadi, kenapa mesti maksa, brooo?

 

Efek Berpikir Positif Kalau Kamu Nekat Melakukannya

Banyak sebetulnya efek berpikir positif, tapi kita akan membahas 3 poin saja supaya kamu nggak mimpi buruk. Berikut ini efeknya:

  1. Membuat lebih berenergi

Iya, berpikir positif membuat kamu lebih berenergi. Sebuah survei membuktikan, orang yang terbiasa berpikir positif lebih suka menjalani hidup yang sehat dan aktif, contohnya dengan berolahraga, makan makanan sehat, dan menghindari perilaku merusak seperti merokok atau minum alkohol. Bukan kita banget, ya? Daripada pagi-pagi dihabiskan untuk berolahraga, bukannya lebih enak kalau lanjut tidur? Lagi pula, siapa sih yang lebih memilih makan sayur daripada makan burger? Bukannya burger jauh lebih enak? Lalu menghindari rokok? Please deh, merokok kan bikin bahagia, dan bahagia bikin orang sehat. Urusan lain kalau paru-paru rontok sana-sini, yang penting kan pikiran hepi, iya nggak?

  1. Membuat masalah selesai lebih cepat dan tanpa konflik

Nggak deh. Apa asyiknya menyelesaikan masalah tanpa konflik? Yang namanya masalah harus diselesaikan setidaknya dengan adu bacot. Kalau semua orang berpikiran positif, kita nggak mungkin disuguhi tontonan menarik orang saling hujat di medsos atau baku hantam di dunia nyata. Postingan berbau kontroversial akan jadi garing kalau semua orang lebih fokus ke urusan pribadinya masing-masing. Lho, ikut campur itu salah satu bentuk kepedulian, lho. Manusia itu harus saling mengingatkan. Nggak masalah kalau seandainya pihak yang diingatkan merasa tersinggung, lalu terjadi perang di kolom komentar. Salah sendiri dia posting di tempat yang bisa kita lihat!

  1. Membuat bahagia

Siapa bilang? Sekarang coba kita telaah. Berpikir positif adalah ketika kamu mengalami hari buruk, lalu berhasil mengubah cara pandangmu tentang hari buruk tersebut. Iya, kamu memang bisa bahagia dengan cara itu. Tapi sebelum merasa bahagia, kamu harus berjuang dulu untuk mengubah mindset. Sedangkan berpikir negatif, ya negatif aja. Kamu bahkan bisa melampiaskan pikiran negatifmu ke orang lain dan merasa lega. Dengan cara ini, kamu bisa bahagia tanpa harus susah payah mengubah mindset. Kalau ada orang lain yang dirugikan, ya yang penting kan kamu bahagia.

 

Nah, itulah beberapa efek mengerikan dari berpikir positif. Terserah kamu seandainya mau tetap melakukannya, yang penting saya mah nulis aja. Untuk lebih meyakinkan kamu tentang seramnya berpikir positif, silakan klik link ini untuk mendapatkan buku tentang berpikir positif. Kalau kamu mau. Enggak pun nggak apa-apa.

Page created in 4.367724 seconds.